Sabtu, 15 Desember 2012

Badai abadi


Fenomena ini disebut penduduk lokal dengan ”Relámpago del Catatumbo” (petir Catatumbo), sebuah fenomena alam yang unik di dunia. Terletak di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo (Venezuela), fenomena tersebut berupa petir antar-awan yang menyambar dengan tinggi lebih dari lima kilometer selama 140 sampai 160 hari dalam setahun, 10 jam dalam semalam, dan sebanyak 280 kali dalam satu jam. Badai yang nyaris permanen ini terjadi di atas rawa dimana Sungai Catatumbo mengarah ke Danau Maracaibo dan dianggap sebagai generator ozone tunggal terbesar di planet ini, dilihat dari intensitas petir antar-awan dan frekuensinya yang besar.
Daerah ini diperkirakan menghasilkan listrik 1.176.000 per tahun, dengan intensitas hingga 400.000 ampere, dan dapat dilihat dari jarak 400 km jauhnya. Inilah sebabnya mengapa badai ini juga disebut sebagai Mercusuar Maracaibo karena petir-petir tersebut digunakan untuk navigasi kapal selama bertahun-tahun. Benturan dengan angin yang datang dari Pegunungan Andes menyebabkan badai dan petir yang saling terkait, akibat dari pelepasan listrik melalui gas yang terionisasi, khususnya metana yang dihasilkan dari dekomposisi bahan organik di rawa-rawa.
Karena lebih ringan dari udara, gas naik ke awan, memperkuat badai. Beberapa pencinta lingkungan setempat berharap agar daerah tersebut berada di bawah perlindungan UNESCO, karena merupakan fenomena yang luar biasa, sumber terbesar untuk regenerasi lapisan ozone planet ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar